Pengakuan Dewan Pers

oleh

Secara Resmi, Dewan Pers mengakui Nama Freni Lutruntuhluy sebagai salah satu dari ratusan nama-nama Pemimpin Redaksi media-media se-Indonesia yang diakui. (baca buku Pers Indonesia terbitan Dewan Pers tahun 2006). Bukan sekedar kapasitas yang diakui, melainkan sebagai Pendiri/Pencetus media yang pada pada masa itu dengan nama NTT POS dengan penerbitnya KOPPI-RAKYAT. Jika kemudian saat ini ada perubahan nama media menjadi mediatimor.com, hal itu hanya bersifat perubahan administrasi dalam bermedia saja dan tidak mengurangi kualitas/mutu berita yang keluar dari Keputusan Pemimpin Redaksi dengan nama tersebut diatas.

Jurnalis Media Timor

Freni Lutruntuhluy, S.Pd adalah salah satu jurnalis yang memberi kontribusi besar di bangsa ini sejak tahun 2003 tidak saja memimpin media tetapi mencetuskan media-media cetak (pada masa itu) dan online di NTT, Maluku, Papua Jakarta dan daratan Jawa (masa sekarang) dengan jumlahnya yang mencapai ratusan media. Adapun kompetensi Jurnalistiknya dilatih di Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN-Antara) di Pasar Baroe pada masa Kepemimpinan LKBN Antara Osro Kamal Rokan.

Jurnalis di NTT: Jefri Tapobali (Kiri), Freni Lutruntuhluy (Tengah) Andios Manus (Kanan) pada acara media online di NTT pada tahun 2016.

Kepemimpinan LKBN Antara Osro Kamal Rokan dan Mantan Gubernur NTT, Piet Alexander Tallo, SH sebagai Gubernur Bersama-sama menandatangani Sertifikat yang diberikan kepada nama Freni Lutruntuhluy pada tahun 2006 itu sebagai salah satu syarat administrasi dan pengakuan bahwa nama tersebut layak untuk memimpin perusahaan media (apapun nama medianya). Situasi pada masa itu berbeda dengan sekarang yang sering disebut Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Istilah yang muncul baru-baru saja.

Bukti Terdaftar di Dewan Pers Tahun 2006

Media Timor adalah salah satu Surat Kabar Harian Sore di Kota Kupang- NTT pada tahun 2014. Media ini kemudian berubah bentuk dari cetak ke Online hingga sekarang dengan Penerbit PT. Media Timor Global.