oleh

Ini Aspirasi Prioritas Masyarakat Dusun 3 Hanga-Desa Lisedetu-Wolowaru Saat Reses Anggota DPRD Ende, Mahmud Bento Djegha

ENDE, MEDIATIMOR.com– Masyarakat Dusun 3 Hanga, Desa Lisedetu, Kecamatan Wolowaru, menyampaikan aspirasi bersifat krusial yang perlu segera ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah Kabupaten Ende melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Aspirasi krusial dan menjadi prioritas perhatian yakni masalah banjir (luapan air) yang disebabkan oleh tersumbatnya  saluran gorong-gorong, persis di jalur jalan raya.

Aspirasi masyarakat Dusun 3 Hanga itu disampaikan saat Kegiatan Reses Anggota DPRD Kabupaten Ende Dapil IV dari Fraksi Demokrat, Mahmud Bento Djegha, Kamis (24/11/2022).

“Mohon bantuan Bapak Anggota Dewan untuk memperjuangkan aspirasi kami terkait banjir (luapan air) yang selalu terjadi setiap musim hujan dan mengancam keselamatan beberapa rumah warga sekitar. Semoga ini menjadi prioritas untuk diperjuangkan dan dapat segera direspon oleh Pemda melalui Dinas PUPR, BPBD maupun Dinas terkait. Tolong kami Pak Dewan,” ungkap Ibu Theresia Sina yang juga Ketua RW.

Aspirasi senada ditegaskan Paskalis Ba’o selaku Tokoh Muda Desa Lisedetu. Menurut Paskalis, keluhan tersebut sudah disampaikan kepada pemerintah Desa setempat agar diteruskan ke tingkat Kabupaten sehingga dapat segera diatasi sebelum ada korban jiwa.

“Sebagai perwakilan tokoh muda di Desa, kami berharap agar selain Anggota Dewan yang menyuarakan hal ini, terutama pemerintah daerah melalui Dinas atau instansi terkait, agar segera menindaklanjuti dan menyikapi persoalan yang hampir setiap musim hujan selalu mengancam keselamatan warga,” pinta Paskalis.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Lisedetu, Silvester Johnny, menerangkan bahwa terkait persoalan yang diangkat warganya, selaku pemerintah Desa, pihaknya sudah melakukan keluhan tertulis kepada Dinas PUPR Kabupaten Ende, namun karena alasan pandemi Covid-19, hingga kini masalah tersebut belum ditindaklanjuti dan diatasi.

“Terkait masalah bajir akibat luapan air, secara resmi kami sudah menyurati pihak Dinas PUPR namun hingga kini belum direspon. Semoga dengan kehadiran Bapak Anggota Dewan sebagai lembaga mitra pemerintah, persoalan dan keluhan masayarakat ini dapat kembali disuarakan dan diperjuangkan agar segera ditindaklanjuti,” harap Kades Johnny.

Hal senada juga diutarakan tokoh muda lain, Emanuel Mally. Menurut pengakuan dan pengamatannya, beberapa rumah warga yang terdampak dari luapan air tersebut sangatt menderita setiap musim hujan.

“Ada sumbatan di gorong-gorong sehingga debit air yang besar lalu meluap ke mana-mana termasuk ke rumah-rumah warga, apalagi medannya menurun. Kami harap pemerintah buka mata dan segera mengatasi masalah ini,” harap Eman.

Menanggapi keluhan dan persoalan masyarakat tersebut, Bento mengatakan bahwa sebagai lembaga mitra pemerintah, dirinya akan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan instansi dan Dinas terkait agar apa yang menjadi kebutuhan krusial masyarakat, bisa disikapi dan ditindaklanjuti.

“Sebagai lembaga mitra Pemerintah, kami tentu secara intens melakukan komunikasi, mengawasi setiap kebijakan pembangunan, termasuk menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan beberapa Dinas dan Instansi yang terkait dengan keluhan dan Aspirasi masyarakat,” ungkap Politisi Partai Demokrat Dapil IV itu.

Selain menyerap aspirasi dan keluhan masyarakat, Anggota Komisi I DPRD Ende itu juga mengharapkan dukungan, kritik dan pengawasan dari Masyarakat kepada dirinya agar tetap konsisten memperjuangkan aspirasi dan kepentingan masyarakat.

“Selama ini, sebagai lembaga mitra kami selalu mengawasi roda pemerintahan. Namun pada kesempatan ini, saya juga mengharapkan pengawasan dari masyarakat terhadap kinerja DPRD, termasuk kritik dan saran kepada saya sebagai penyambung aspirasi masyarakat Dapil IV. Saya butuh dukungan dan doa agar saya tetap konsisten memperjuangkan kepentingan masyarakat,” harap Bento.

Disaksikan media ini, hadir dalam kegiatan Reses tersebut Kepala Desa dan para perangkat Desa Lisedetu, para tokoh masyarakat, para tokoh muda dan kaum muda, para ibu serta masyarakat Dusun 3 Hanga.

Diketahui, Kegiatan Reses I Anggota DPRD Kabupaten Ende Tahun 2021/2022 Dapil IV Ende meliputi; Kecamatan Ndona, Kecamatan Ndona Timur, Kecamatan Detusoko, Kecamatan Kelimutu, Kecamatan Wolojita, Kecamatan Wolowaru, Kecamatan Ndori dan Kecamatan Lio Timur.

Komentar