oleh

Infrastruktur Kawasan Perbatasan Jadi Fokus Bupati Spei Yan Bidana  

Penulis: Afri Taplo

Editor: Fren

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua Pegunungan sampai saat ini masih tetap focus bangun daerah tersebut dalam bidang infrastruktur. Beberapa proyek besar yang sedang dikerjakan misalkan Bandara Oksamol, Bandara Eipumek, Infrastruktur Jaringan Listrik yang sudah tersedia dan beberapa proyek jalan.

Dalam catatan redaksi media ini, Bupati Spei Yan Bidana dalam visi dan misi membangun Kabupaten Pegunungan Bintang lima tahun kedepan lebih menekankan aspek pemberdayaan berbasis ekonomi kerakyatan, sector Kesehatan, Pendidikan dan infrastuktur sebagai penunjang yang tidak kalah pentingnya.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Pegunungan Bintang adalah daerah batas negara Indonesia yang berhadapan dengan Negara Tetangga Papua Nugini. Sebab itulah, Bupati Spei Yan Bidana terus memperhatikan aspek Infrastruktur karena selama ini daerah tersebut mengalami keterlambatan dalam pembangunan dikarenakan belum tersedianya Infrastruktur misalkan jalur penerbangan dan akses jalan yang belum masuk sampai ke Kota Oksibil.

“Kendala kami adalah harga barang yang mahal karena semua diangkut dengan menggunakan pesawat udara. Karena itu kami berharap pemerintah pusat harus bisa mengalokasikan anggaran yang besar untuk selesaikan persoalan akses jalan termasuk mahalnya harga tiket pesawat. Kalau semua ini bisa dijawab pemerintah pusat maka kedepan daerah ini akan lebih maju cepat”, ungkap Bupati Spei di Oksibil beberapa waktu yang lalu.

Beberapa kendala yang ditemui awak media di Kabupaten Pegunungan Bintang antara lain, upaya Bupati Spei Yan Bidana ini mengalami terhambat karena beban anggaran untuk jalan misalkan itu masih menggunakan APBD Kabupaten yang sesungguhnya tidak bisa menjawab kebutuhan pembangunan jalan di daerah tersebut, sedangkan rakyat di daerah itu masih berharap perhatian pemda Kabupaten untuk mereka.

Anda bisa nonton video ini

Disinilah mestinya peran pemerintah pusat dan Provinsi Papua Pegunungan untuk membantu Kabupaten Pegunungan Bintang dari segi penganggaran untuk jalan, sebab hampir seluruh akses jalan di daerah ini sebenarnya masuk dalam status jalan provinsi dan jalan nasional karena menghubungkan antara Kabupaten dan negara Papua Nugini.

Bupati Spei Yan Bidana, dalam keterangan pada saat upacara 17 Agustus 2022 lalu berharap ada perhatian serius pemerintah untuk daerah ini. Ia juga berharap ada sinergitas yang baik antara pusat dan daerah dalam hal program pembangunan yang bisa dirasakan langsung rakyat Kabupaten Pegunungan Bintang.

Komentar