oleh

Kembangkan Sayap, Universitas Bali Dwipa Gelar Bali Dwipa Uni Festival 2022

DENPASAR, MEDIATIMOR.COM – Wujudkan kampus inovatif, kreatif dan excellent civitas akademika Universitas Bali Dwipa Denpasar gelar berbagai kegiatan serangkaian menyambut Dies Natalis IV. Hal tersebut diungkapkan Ketua Yayasan Usadha Teknik Bali, Dr. Ir. I Wayan Adnyana, S.H.,M.Kn., di Aula Kampus Bali Dwipa, Jalan Pulau Flores No.5 Denpasar,  Rabu (07/7/2022).

Lebih lanjut, ia mengatakan Yayasan Pendidikan Usadha Teknik Bali merupakan yayasan yang menaungi dua lembaga pendidikan, yakni Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali (Atro Bali) dan Universitas Bali Dwipa.  Pada ulang tahun ke-4, Universitas Bali Dwipa akan melaksanakan beberapa kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan diawali dengan melaksanakan berbagai webinar oleh 10 program studi di lingkungan Universitas Bali Dwipa. Kegiatan webinar tidak hanya tingkat nasional, bahkan webinar internasional juga dilaksanakan. “Hari ini kita melaksnakan webinar international yang bertajuk  “Film Tourism: Destination Branding & Experience” yang disampaikan narasumber asal dunia perfilman Holywood dan narasumber asal Universitas Nevada,” imbuhnya.

Senada yang diungkapkan Direktur Eksekutif Universitas Bali Dwipa, Dr. Luh Micke Anggraini, PhD. webinar berbahasa Inggris ini menghadirkan narasumber dari akademisi dan praktisi, seperti Dr. Marta Soligo asal Postdoctoral Research Faculty, dari University of Nevada Las Vegas, USA, dan Film Producer Andrea Pasquettin, Hollywood California, USA. Kegiatan diikuti ratusan peserta yang asal berbagai Negara termasuk Indonesia. Webinar diawali sambutan dari Chairman Bali Tourism Board, Ida Bagus Agung Partha Adnyana berserta Executive Director Bali Dwipa University, Dr. Ir. Ketut Suriasih, M.App.Sc,.

Pariwisata sinematik Film Tourism’ (film-induced tourism), atau Screen Tourism merupakan fenomena mengenai kegiatan perjalanan wisata yang terinspirasi dari tayangan sinema untuk mengunjungi tempat-tempat terkait yang ditampilkan dalam film. Film tidak hanya menjadi media komunikasi yang sangat baik untuk pemasaran dan pencitraan destinasi pariwisata, tetapi juga menghadirkan peluang pengembangan serta inovasi dalam tema, pengalaman, serta produk wisata baru, khususnya pasca pandemi.

Rektor Universitas Bali Dwipa, Dr. Ir. Ketut Suriasih, M.App.Sc Bali Dwipa University mengatakan rangkaian Dies Natalis juga diisi dengan berbagai kompetisi, seperti kompetisi band siswa SMA/SMK se-Bali. Kompetisi ini akan dinilai 3 orang dewan Juri, dua diantaranya, Jun Bintang dan Lebri Partami yang merupakan jebolan Indonsian Idol. Lomba Band jenjang SMA/SMK dan Lomba Film Dokumenter tentang budaya Bali siswa SMK/SMA akan dilaksanakan di Lippo Mall Tuban, Kuta Bali dari 14 hingga 16 Juli 2022. Sedangkan puncak kegiatan akan dilaksanakan dengan berbagai penyerahan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi, pengabdian masyarakat serta orasi ilmiah yang akan dilaksanakan, Minggu, 17 Juli 2022 mendatang.

Sepuluh program studi di Universitas Bali Dwipa menekankan pada pendidikan humaniora, teknologi dan ilmu kesehatan berbasis kearifan lokal. Kampus ini menjadi salah satu pilihan bagi generasi muda yang ingin berkarir di dunia kesehatan. Kampus ini sudah menerapkan program Kampus Merdeka – Merdeka Belajar, dengan menerapkan literasi digital disetiap prodinya dan pembelajaran diluar prodinya dan diluar kampus Universitas Bali Dwip. Lulusan Universitas Bali Dwipa disamping memiliki kompetensi dasar sesuai prodinya, juga memiliki kompetensi tambahan dari prodi lain baik dalam kampus Universitas Bali Dwipa maupun Universitas diluar Bali Dwipa. Hal tersebut karena Universitas Bali Dwipa bekerjasama dengan Universitas Padjajaran, ITB, Universitas Telkom di Bandung dan lainnya. Disamping itu semua lulusan Universitas Bali Dwipa akan memiliki kompetensi tambahan dalam bidang digitalisasi dan Teknologi Informasi dan Komputer.

Dalam upaya meningkatkan kompetensi lulusan, Universitas Bali Dwipa berharap mampu membuat inovasi akademik, sehingga mampu menciptakan atmosfer perguruan tinggi yang baik. “Saya berharap Universitas Bali Dwipa terus dipercaya masyarakat, sehingga bisa menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” imbuh Ketut Suriasih. = (Humas Bali Dwipa)

Komentar