oleh

Dinilai Responsif dan Humanis, Kimdevits B. Marcus Apresiasi Sikap dan Kinerja Kapolres Cianjur

CIANJUR, MediaTimor.com– Di tengah proses hukum Kasus Dugaan Penipuan yang sedang berjalan di lingkup Kepolisian Sektor (Polsek) Cilaku, Canjur, Jawa Barat, sejak adanya Surat Laporan Pengaduan Nomor: 27/PT RAS/III/2022 tanggal 07 Maret 2022 lalu, Kimdevits B. Marcus, S.H selaku Pelapor mengapresiasi sikap responsif dan pola pendekatan humanis yang ditunjukkan oleh Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan, S.H., S.I.K., M.Si.

“Secara Institusi (Polri, red), saya mengapresiasi kinerja Kepolisian yang langsung menyikapi setiap Laporan dan Pengaduan dari Masyarakat. Secara pribadi, saya mengapresiasi pendekatan dan sikap responsif Kapolres Cianjur yang selalu membuka ruang dialog dan konsultasi terhadap persoalan yang tengah saya hadapi di Polsek Cilaku. Sebanyak dua kali dialog itu terjadi tanpa direncanakan sebelumnya. Ini sikap responsif yang harus diapresiasi,” kesan Kimdevits atas perlakuan Kapolres Cianjur, dalam keterangan kepada media ini, Rabu (18/5/2022).

Kimdevits yang menjabat Direktur PT. Rizki Alam Sentosa (RAS) itu menerangkan bahwa, dengan pola pendekatan yang ditunjukan oleh Kapolres Cianjur, dirinya terkesan untuk terus memperjuangkan keadilan dan hak-hak hukumnya, karena dia meyakini alat bukti dan keterangan saksi susah memenuhi dalam prinsip hukum.

Meski demikian, Kimdevits mengaku bahwa sisi profesionalisme, integritas, pendekatan proaktif dan humanis oleh Kapolres Cianjur dan jajarannya (para Kasat, Kanit dan KBO) justru berbeda dengan profesionalisme dan kinerja Kapolsek Cilaku beserta jajarannya.

“Dalam konstruksi hukum, mestinya proses Penyelidikan di tingkat Polsek Cilaku tidak berbelit-belit dan berlarut-larut. Pasalnya, dalam Laporan itu, saya menyertakan dua Alat Bukti termasuk dua orang Saksi untuk dimintai keterangan oleh Penyidik. Sebagai insan dalam dunia usaha, saya menyesalkan sikap dan kinerja di Polsek Cilaku,” imbuh Kimdevits.

Menurut mantan Anggota DPRD Maluku Barat Daya (MBD) Periode 2009-2014 itu, kinerja dan profesionalitas Kapolres Cianjur dan jajarannya, yang sangat humanis dalam melayani pengaduan hukum masyarakat, harus menjadi panutan bagi Kapolsek Cilaku dan jajarannya, sehingga Institusi Polri sungguh hadir untuk melayani masyarakat dengan menggunakan pendekatan Restorative Justice dan spirit Polisi PEOMOTER (Profesional, Modern dan Terpercaya).

“Kapolres Cianjur sungguh memahami dan mengimplementasi kebijakan Kapolri Jenderal Pol Liatyo Sigit Prabowo, yang selalu memprioritaskan pendekatan humanis dalam pelayanan dan penegakan hukum. Kapolres Cianjur adalah figur Polisi PROMOTER yang sangat humanis dan responsif,” ujar peserta terbaik kegiatan LEMHANAS tahun 2012 itu.

Integritas dan Kredibilitas Hukum

Kimdevits berharap, selaku insan dunia usaha yang sedang memperjuangkan keadilan dan hak hukum, integritas dan profesionalitas Penyidik harus membuat hukum semakin berwibawa dan menjadi panglima.

“Saya sedang memperjuangkan keadilan dan hak hukum. Diharapkan agar tidak ada intervensi apapun yang berpotensi menghambat dan membuat proses hukum berlarut-larut. Semoga Kapolres Cianjur yang sungguh menjaga marwah Polisi PROMOTER, dapat memberi atensi atas kasus ini, serta bisa mengevaluasi kinerja Kapolsek Cilaku dan jajarannya,” harap Kimdevits yang pernah bertarung di Pilkada MBD tahun 2015 lalu itu.

Komentar