oleh

KODIM 1602 Ende Salurkan Bantuan Tunai PKLN di Kantor KORAMIL 1602-02 Wolowaru

ENDE, MediaTimor.com– Komando Distrik Militer (KODIM) 1602 Ende melalui Komando Rayon Militer (KORAMIL) 1602-02 Wolowaru, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis-Jumat (21-22/4/2022), menyerahkan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Nelayan (BTPKLN) senilai Rp 600.000 bagi para pelaku usaha, bertempat di Kantor Koramil Wolowaru, jalan Trans Flores.

Kapten Inf. Yus Kasmir Tomo Tani, Pasiter KODIM 1602 Ende, kepada media ini menjelaskan bahwa Bantuan Tunai PKLN tersebut merupakan program Pemerintah Pusat, yang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipercayakan kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat yang masuk kategori pedagang kaki lima dan nelayan.

“Secara resmi, penyaluran Bantuan Tunai PKLN ini sudah berjalan sejak Launching pada 8 April kemarin oleh Kodim 1602 Ende yang berpusat di Kota Ende, untuk selanjutnya disalurkan ke masing-masing wilayah Kecamatan hingga mencapai target bantuan yakni 12.000 penerima,” terang Kapten Inf. Yus.

Yus menjelaskan, hingga Rabu (20/4/22), jumlah penerima bantuan PPKLN TNI tahun 2022 sudah mencapai 8422 penerima.

Sementara itu, untuk penyaluran bantuan hari ini hingga besok, diperuntukan bagi 1352 PKLN yang tersebar di 5 Kacamatan; yakni Kecamatan Kelimutu, Wolowaru, Wolojita, Ndori dan Kacamatan Lio Timur.

“Untuk 1352 penerima Bantuan Tunai PKLN ini, kami sudah mendata sejak awal Maret hingga Awal April 2022. Para penerima yang terdata merupakan para Pedagang Kaki Lima, usaha Kios, warung, mamalele hingga nelayan, yang selama ini belum tersentuh bantuan apa pun,” papar Yus.

Bermanfaat bagi Penerima

Kapten Inf. Yus mengharapkan agar masyarakat (PKLN, red) yang menerima bantuan tunai ini dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik dalam menghidupkan usaha-usaha mereka di tengah kesulitan akibat pandemi Covid-19.

“Diharapkan agar bantuan PKLN dari pemerintah ini dapat bermanfaat bagi masyarakat (penerima). Kami hanya perpanjangan tangan untuk menyalurkan bantuan ini, semoga bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat,” harap Yus yang aktif mengawasi jalannya penyaluran bantuan.

Terima Kasih Presiden Jokowi

Beberapa penerima Bantuan Tunai PKLN, usai menerima bantuan menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi maupun pihak TNI yang telah membantu masyarakat dalam meningkatkan usaha.

“Terima kasih Bapak Presiden Jokowi yang telah membantu usaha-usaha kami masyarakat kecil lewat bantuan tunai ini,” ungkap Bapak Jamalludin Doa Rede, warga
Kelurahan Bokasape yang memiliki usaha kios.

Ungkapan senada disampaikan Maria Patrisia Nau, warga Desa Lisedetu yang juga mengaku memiliki usaha kios.

“Terima kasih Bapak Presiden Jokowi, terima kasih Bapak-Bapak dari TNI yang telah menyalurkan bantuan tunai ini,” ungkap Patrisia.

“Bantuan tunai ini sangat membantu kami dalam meneruskan usaha kami yang sempat macet akibat Covid. Terima kasih Bapak Jokowi, terima kasih TNI,” pungkas Bapak Hamsah Abdulah yang mengaku menekuni usaha sebagai pedagang kaki lima.

Komentar