oleh

Gelar Reses, Fian Moa Mesi Serap Aspirasi Masyarakat Desa Embuzozo

ENDE, MediaTimor.com– Anggota DPRD Daerah Pemilihan (Dapil) II Ende dari Partai Nasdem, Oktavianus Moa Mesi, menggelar Reses masa sidang II tahun 2021/2022 di Desa Embuzozo, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, Sabtu (5/3/2022).

Dalam sapaan awalnya, Fian menjelaskan bahwa Reses merupakan kegiatan menjemput dan menyerap aspirasi masyarakat secara langsung di luar gedung Dewan (DPRD, red) sesuai amanat Undang-Undang.

“Reses merupakan agenda wajib DPRD sesuai amanat Undang-Undang guna mendengar langsung aspirasi, keluhan dan kebutuhan masyarakat sehingga dapat diperjuangkan,” kata Fian.

Fian mengaku, sebagai salah satu Anggota DPRD yang masuk dalam Badan Anggaran, dirinya besama beberapa Anggota DPRD lain, perlu mengkalkulasi setiap kebutuhan anggaran di Kabupaten Ende apalagi di tengah kebijakan Refocusing untuk pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Setiap usulan dan aspirasi tentu harus disinkronkan dengan usulan dari Desa-Desa lain sehingga dapat disesuaikan dengan skala prioritas dan porsi anggaran yang ada di Kabupaten,” terangnya.

Infrastruktur Jalan Desa

Sementara itu, Kepala Desa Embuzozo, Agustinus Keu, dalam sapaannya saat membuka kegiatan Reses tersebut, selain mengucapkan terima kasih, juga menyebut berbagai potensi komoditi yang ada di Desa.

Agustinus menyinggung infrastruktur jalan Desa dari Maunggora-Embuzozo yang butuh perhatian DPRD dan pemerintah.

“Kami berharap agar pemerintah dan DPRD Kabupaten Ende bisa memperhatikan jalan Desa dari Maunggora menuju Embuzozo, berupa peningkatan atau perbaikan,” harap Agustinus.

Agustinus mengatakan bahwa aspirasi soal peningkatan jalan Desa guna mendukung akses transportasi dan perekonomian masyarakat dalam memasarkan hasil-hasil komoditi mereka.

“Kami memiliki hasil pertanian yang cukup menjanjikan, namun kendalanya yakni akses jalan yang masih sangat memprihatinkan. Kami usulkan agar jalan Maunggora-Embuzozo bahkan sampai di Kekandere dan Desa Uzuramba Barat bisa diperbaiki dan ditingkatkan,” harap Agustinus.

Dalam sesi dialog, mantan Kepada Desa Embuzozo, Polikarpus Ndari juga mendukung usulan soal jalan Desa agar perlu dilakukan pelebaran karena badan jalannya sudah tidak layak jika dilakukan hotmix atau pengaspalan.

Polikarpus berharap agar potensi ekonomi yang ada di Desa Embuzozo bisa terus bertumbuh dengan adanya akses jalan yang baik.

Selain usulan peningkatan jalan Desa, kelompok ibu-ibu yang hadir pada Reses itu, juga mengusulkan bantuan modal usaha tenun ikat, bibit holtikultura, serta usulan bantuan fasiltas dan alat-alat olahraga dari kelompok Karang Taruna Desa.

Menanggapi usulan dan aspirasi masyarakat, Politisi Nasdem yang sudah tiga periode menjadi Anggota DPRD Ende itu spontan menjawab bahwa untuk bantuan modal usaha, bibit holtikultura dan alat-alat olahraga, akan segera diupayakan untuk direalisasi.

“Untuk usulan dari mama-mama dan anak-anak muda, kami langsung catat. Besok atau lusa, ebe baba-ine (bapak-mama) bisa langsung komunikasi baik lewat telepon, SMS, atau WA kalau kami lupa,” kata Fian sambil tertawa lepas diikuti tepuk tangan dari puluhan masyarakat yang hadir.

Sebagai wujud kontribusi riil, pada kesempatan itu, Fian juga memberi bantuan berupa 200 buah kursi dan modal usaha sebesar Rp 150 untuk Desa Embuzozo.

Signal ke Provinsi

Fian yang dikenal dekat dengan masyarakat dan kaum muda itu merespon salah satu pertanyaan dari masyarakat agar dirinya dapat bertarung di level Provinsi.

“Ini semua berkat kepercayaan dari bapa-mama sekalian sehingga saya bisa mewakili aspirasi di Dewan. Jika masyarakat kembali memberi kepercayaan, maka bukan tidak mungkin saya akan bertarung dalam konstelasi politik di tingkat Propinsi,” komit Fian.

“Politik butuh kaderisasi dan Partai Politik perlu regenerasi, agar kader-kader potensial Partai Nasdem di Dapil II bisa ikut bertarung pada perhelatan politik tahun 2024 mendatang. Jika kita punya wakil rakyat (Anggota DPRD, red) baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, maupun Pusat, maka usulan dan aspirasi bisa diperjuangkan bersama melalui Fraksi Nasde,” imbuh mantan Aktivis GMNI Ende itu disambut antusiasme masyarakat.

Komentar