oleh

Inovatif! Desa Ondorea Barat Rintis Usaha Fermentasi Kakao

ENDE, MediaTimor.com– Desa Ondorea Barat, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), membuat terobosan brilian dengan menggagas Fermentasi Kakao guna meningkatkan produktivitas Kakao sebagai salah satu komoditi unggulan.

Saat dikonfirmasi media ini, Kamis (3/3/2022), Kepala Desa Ondorea Barat, Rudolfus Ndate, menerangkan bahwa Fermentasi Kakao baru mulai berjalan sejak awal tahun 2022 ini, setelah para petani dan beberapa kelompok tani di Desanya mendapat Pelatihan dan Bimbingan Teknis terkait Agribisnis dan pengelolaan komoditi lokal yang ada di Desa.

“Kami baru merintis Fermentasi Kakao ini. Para petani sangat antusias. Pemerintah Desa terus mendorong upaya peningkatan produktivitas perkebunan dan pertanian, meski dengan fasilitas alat yang terbatas,” ujar Kades Rudolf.

Kades Rudolf mengatakan bahwa selain mendapat Pelatihan dan Bimtek dari Dinas Pertanian Kabupaten Ende, pihaknya juga mendapat kunjungan lapangan dari Konsultan Agribisnis Jakarta, Ibu Nuning Barwa pada Kamis (3/3/22).

“Meski baru mulai merintis, kami bangga sudah mendapat kunjungan dari Jakarta (Ibu Nuning) yang mendukung usaha Fermentasi kami dan membagi pengetahuan terkait pengolahan Kakao hingga bisa menjadi produk berkualitas dan memiliki nilai jual,” ujar Kades Rudolf.

Kades Rudolf yang juga Ketua “Kopan Sikap” ini berharap agar usaha Fermentasi Kakao yang dirintis di Desanya itu mendapat dukungan dan perhatian, terutama bantuan fasilitas dan alat yang berhubungan dengan usaha fermentasi tersebut.

“Dengan segala keterbatasan yang ada di Desa, kami mengharapkan dukungan dan bantuan alat, sehingga untuk tujuan jangka panjang, Desa Ondorea Barat dapat menjadi pilot project Fermentasi Kakao di Kecamatan Nangapanda maupun Kabupaten Ende,” harap Kades Rudolf yang mengaku kunjungan Ibu Nuning itu berkat bantuan informasi dari Anggota DPD RI Dapil NTT, Angelo Wake Kako (AWK) yang beberapa waktu sebelumnya sempat meninjau langsung lokasi Fermentasi Kakao di Desanya.

Dukungan dan Apresiasi

Menyinggung usaha Fermentasi Kakao yang dirintis oleh Desa Ondorea Barat, Anggota DPD RI Dapil NTT, Angelo Wake Kako (AWK) memberikan apresiasi dan dukungannya.

“Ini salah satu terobosan yang inovatif oleh Kepala Desa yang menangkap ada potensi komoditi pertanian dan perkebunan untuk dikembangkan dan diolah. Ini perlu didukung agar produktivitas pertanian meningkat, juga mengubah pola pikir (SDM, red) para petani untuk tidak hanya menjadi produsen bahan baku, melainkan juga produsen produk siap pakai,” dukung Senator Angelo.

Senator Angelo menyebut Kepala Desa Detusoko Barat, Nando Watu, yang secara kreatif dan inovatif mengembangkan segala potensi yang ada di Desanya melalui segmen Pariwisata berbasis ekonomi masyarakat (Decotourism).

“Ada banyak potensi yang ada di Desa untuk diolah dan dikembangkan. Ini soal mindset kita. Logika pasar tidak akan berjalan tanpa pasokan bahan baku. Petani adalah produsen bahan baku,” ujar Angelo.

Angelo berkomitmen, dalam lingkup kemitraan dengan Komite II DPD RI, ia terus berupaya mendorong penguatan sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan industri kecil-menengah yang sesuai dengan potensi-potensi lokal.

“Kita memiliki banyak potensi lokal yang belum tersentuh. Meski kita sedang dalam masa pandemi Covid-19, namun inovasi, kreativitas dan terobosan baru perlu dilakukan,” harapnya.

Sementara itu, Ibu Nuning Barwa belum berhasil dikonfirmasi media ini usai meninjau langsung lokasi Fermentasi Kakao di Desa Ondorea Barat.

Komentar