oleh

Punya Prospek Nasional dan Internasional, Gabriel Goa Sebut Kabupaten Pegunungan Bintang bagai ‘Tanah Terjanji’

PEGUNUNGANBINTANG,MediaTimor.com– Kabupaten Pegunungan Bintang-Papua merupakan Kabupaten Perbatasan yang belum ada pengembangan Kawasan Strategis Nasional Perbatasan, padahal daerah tersebut berada di wilayah perbatasan dengan Papua Nugini.

Bupati Pegubin Spei Bidana bersama Alm Wakil Bupati Piter Kalakmabin sudah melakukan terobosan lewat program strategis yakni dengan menyiapkan SDM Pegunungan Bintang yang unggul sejak jenjang Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi dengan pendirian Universitas Okmin Papua dan rencananya bangunan fisiknya di wilayah perbatasan dengan Papua Nugini yakni Batom.

Staf Khusus Bupati Pegunungan Bintang Bidang Promosi Investasi Nasional dan Internasional, Gabriel Goa, dalam keterangan resmi kepada media ini, Jumat (18/2/2022) mengatakan bahwa Kabupaten Pegunungan Bintang memiliki Prospek Nasional dan Internasional yang layak didukung dan dipromosikan.

Gabril menyebut, ada berbagai potensi unggulan Pegubin yang layak promosikan ke kancah nasional dan internasional, seperti Kopi Arabika dan destinasi wisata alam, wisata budaya, wisata religi dan wisata kuliner melalui media Okmintv Papua dan media cetak, elektronik serta berbagai media online.

“Untuk mendukung ini, maka Pemkab Pegubin mendukung Program Pembangunan BTS oleh Kemenkominfo di wilayah Pegubin dan bekerjasama dengan Kementerian dan Lembaga Negara terkait untuk mempercepat pembangunan di Pegunungan Bintang,” ujar Gabriel.

Selain itu, kata Gabriel, perlu dibuka berbagai akses guna memudahkan akses jalur transportasi darat, sungai dan udara di wilayah Perbatasan Tengah Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini yakni pembangunan jalan trans nasional di wilayah perbatasan, pembangunan Bandara di Batom dan pembangunan sarana prasarana untuk membuka keterisolasian Pegubin.

“Untuk mempercepat pembangunan Pegubin, maka kesiapan eksekutif Pemkab sangat dibutuhkan, sebab Pegubin ibarat tanah terjanji dengan pemimpin yang visioner, berintegritas dan teruji,” katanya.

Gabriel memyinggung, pelantikan 65 Pejabat dan menyusul yang berikutnya, sangat membantu Bupati Spei Bidana berkolaborasi mempercepat realisasi pembangunan dan mempercepat kemajuan Pegubin yang masih masuk kategori daerah Terisolir,Terkebelakang dan Termiskin (3T Minus) menjadi daerah Terdepan, Termaju dan Terkaya (3T Plus) di NKRI seperti New Zealand atau Swiss.

“Sebagai Staf Khusus Bupati Pegunungan Bintang Bidang Promosi Investasi Nasional dan Internasional, kami siap mendukung Bupati dan jajaran Pejabat yang sudah dilantik untuk segera mempercepat lobi di Nasional dan Internasional,” dukungnya.

“Kami sudah menjajaki peluang kerjasama promosi dan investasi dengan pihak media nasional dan internasional, Kementerian dan Lembaga Negara di Jakarta, Perwakilan RI di Luar Negeri maupun Perwakilan Negara-Negara Sahabat di Jakarta untuk menjadikan Pegubin sebagai Kabupaten Contoh di Papua keluar dari cap wilayah 3 T Minus menjadi 3T Plus,” komit Gabriel.

Komentar