oleh

Ini Langkah ASPERWI Kembangkan Desa Wisata Digital

BANTEN, MEDIATIMOR.COM – Upaya pengembangan sector pariwisata Indonesia telah menjadi focus pemerintah pusat dan daerah dalam rangka membangkitkan Kembali ekonomi Indonesia yang diterpa badai covid 19. Salah satu yang dilakukan adalah desa wisata digital telah menjadi terobosan Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Wisata Indonesia Jawa Barat.

Pihak ASPERWI Jawa Barat telah menjalin Kerjasama di lima kabupaten/kota provinsi Jabar untuk melakukan upaya pengembangan ini.

Pengembangan desa wisata berbasis digital sedang trend saat ini dan digaungkan kementerian pariwisata Republik Indonesia. Potensi desa dilihat sebagai sebuah peluang untuk kemajuan pariwisata sebab satu desa mempunyai baragam kekayaan baik budaya maupun alamnya. Untuk itu pengembangan potensi desa menjadi destinasi wisata berpeluang untuk bersaing dengan destinasi moderen lainnya demi memulihkan Kembali ekonomi yang terpuruk belakangan ini.

Ketua departemen Pengembangan pariwisata dan UMKM ASPERWI wilayah Jawa Barat, Ir H Ahmad Sofyan kepada mediatimor.com, kamis (11/11) mengatakan, dirinya mempunyai ide cemerlang dalam melakukan inovasi pengembangan desa wisata berbasis digital dan hasilnya telah melakukan kontrak kerjasama dengan 5 kabupaten kota di jawa barat.

“Asosiasi pariwisata ini berdiri sejak tahun 2018 wilayah Jawa Barat yang di pimpin Gian giartha SH dan saat ini melakukan trobosan baru dalam kerjasama pengembangan desa wisata berbasis digital dengan beberapa kabupaten di jawa barat”, ujarnya.

Dalam keterangannya, Ir. H. Ahmad Sofyan mengatakan bahwa,”pengembangan potensi desa wisata berbasis digital di era sekarang diperlukan karena menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

“Tujuannya kami ingin kebangkitan pariwisata dan UMKM karena sektor pariwisata sangat parah terkena dampak dari pandemic covid 19 selama hampir 2 tahun ini,” ujarnya.

Komentar