oleh

Perlu Sinergitas Promosi Kraton Sorosowan Kesultanan Banten Secara Maksimal

BANTEN, MEDIATIMOR.COM – Bercerita tentang situs budaya di Indonesia, rasanya tidak pernah puas dan tidak ada habisnya. Ini bukan soal pengetahuan semata, melainkan bagaimana merawat kebudayaan Indonesia sebagai potensi yang harus dikembangkan dan dilestarikan bagi generasi berikutnya. Berikut ini, kita ikuti liputan Jurnalis Media Timor, Alek Hine tentang Kawasan Kraton Surosowan di Banten.

Kawasan bersejarah dengan peninggalan hasil karya masa lalu ini menjadi peradaban dan dapat dijadikan pusat destinasi wisata. Kawasan Kraton Surosowan yang terletak di Provinsi Banten merupakan bekas pusat pemerintahan kesultanan Islam Banten pada masa itu. Surosowan adalah nama pusat kota dan penerintahan Kesultanan Banten selama 3 abad lebih yang mana pernah menjadi pusat perdagangan dan pemerintahan.

Kawasan ini mestinya menjadi destinasi wisata yang harus dibangun promosinya secara bersama dengan segenap elemen dan pelaku pariwisata di wilayah ini.

H. Epy Saifulloh sebagai salah satu penasehat Asosiasi Insan Pariwisata Indonesia (IPI) DPD Banten kepada media ini, (07/11), mengatakan, tujuan pembenahan dan promosi itu agar semua orang mengetahui dan memahami secara benar keberadaannya.

H. Epy Saifulloh

“Destinasi peradaban Islam di kawasan kraton Surosowan Kesultanan Banten dan akan cepat di kenal dan di kunjungi wisatawan bukan hanya sebagai wisata religi tapi akan menjadi daerah tujuan wisata peradaban Islam di Banten. Salah satu objeknya adalah Reruntuhan Kraton Surosowan kesultanan Banten yang sarat akan nilai sejarah peradaban masa lalu”, ungkapnya.

Dalam pernyataannya H. Epy Saifulloh sebagai salah satu penasehat IPI DPD Banten mengatakan, Pariwisata kawasan kraton Surosowan kesultanan Banten harus dibangun promosi secara cepat agar bisa sejajar dengan kawasan wisata lainnya di luar Banten seperti kawasan Candi Borobudur di Jawa tengah dan kawasan Kraton di Yogyakarta’, ujarnya.

Komentar