oleh

Heboh, Temuan Arca Nisan di Mandalawangi

PANDEGLANG, MEDIATIMOR.COM – Masyarakat desa Pari kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang dihebokan dengan sebuah temuan Acra Nisan yang diduga milik Suku Buni pada jumat, (05/11/2021).

Artefak yang berupa arca nisan itu di temukan masyarakat kondisinya tua bila dilihat dari segi usianya. Artefak tersebut diperkirakan sekitar 4000 tahun yang lalu. Temuan ini juga sempat di bawa oleh pihak Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten untuk di teliti namun oleh masyarakat diminta untuk dikembalikan agar tetap di desa Pari tepatnya di pemakaman umum masyarakat, tempat dimana artefak tersebut di tenukan.

Mantan Lurah, Eli sebagai salah satu tokoh masyarakat di desa pari kepada mediatimor.com mengatakan bahwa artefak tersebut ditemukan di sebuah pemakaman umum desa pari dikedalaman sekitar 3 meter.

“Temuan ini kemudian di bawa oleh team BPCB Banten untuk di cek kondisinya tapi masyarakat meminta artefak itu di kembalikan ketempat asalnya,”ujarnya.

Menurutnya, Artefak tersebut diperkirakan berusia 4000 tahun lalu yaitu berasal dari tahun 2500 SM dan seusia dengan peradaban Babilonia dan India kuno.

“Kalo dilihat dari peta pra sejarah di tanah Sunda, maka pada masa tersebut di tanah sunda telah di huni oleh suku Buni yang datang dari utara nusantara dan mendiami wilayah Banten dan sekitarnya. (*)

Komentar