oleh

Aliansi Perdagangan dan Industri Kreatif Indonesia Terus Dorong UMKM

JAKARTA, MEDIATIMOR.COM – Ketua Umum Aliansi Perdagangan dan Industri Kreatif Indonesia (APIKI), Anto Suroto terus mendorong sector UMKM Indonesia untuk tumbuh dan berkembang dalam masa-masa sulit belakangan ini, salah satunya pers sebagai Industri yang terus meningkat.

“Kita di APIKI terus mengajak para pelaku UMKM untuk harus bangkit meskipun Indonesia hari ini dilanda krisis akibat covid 19. Salah satu yang kami selalu ingatkan adalah Pers sebagai industry yang sementara berkembang pesat”, ungkap Anto Suroto Ketika diwawancarai jurnalis mediatimor.com di Banten pada rabu (3/11).

Ketika disinggung tentang wilayah Indonesia Timur yang masih menjadi harapan untuk Indonesia, Anto justu merespon hal itu karena Indonesia Timur memiliki potensi yang sangat menjanjikan di berbagai sector. Salah satunya UMKM yang menurutnya bisa bertumbuh secara cepat. Potensi dan kearifan local disana bisa menjadi sumber bagaimana Industri kreatifnya lebih cepat maju.

Anto menjelaskan, Ekonomi Indonesia bisa baik dan bertahan hanya pada sector UMKM dan hal itu harus terus di dorong dan mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat dan daerah. Ia mencontohkan, pengelolaan limbah sampah plastic adalah salah satu solusi selain untuk menjaga lingkungan tetap sehat, nilai ekonomi dari pengeloaan limbah tersebut sangat tinggi.

“Banyak orang kaya hanya dari megolah limbah. Saya contohkan bungkus kopi yang dibuang itu justru bisa dijadikan tas yang harganya mahal sekali, daripada kita gunakan barang-barang import”, ungkapnya.

Dalam konteks ini, Anto mengajak semua pelaku pers untuk terus mempublikasikan sector ekonomi yang harus diperhatikan semua elemen.  Sedangkan khusus wilayah Timur Indonesia, ia mengatakan APIKI mulai melebarkan sayap organisasinya untuk masuk ke pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk bersinergi bagaimana konsep memberdayakan sector ekonomi mikro. (*)

Komentar