oleh

Prediksi MPV Baru yang Akan Luncur di GIIAS 2021

MEDIATIMOR.COM – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan berlangsung pada 11-21 November 2021 di ICE, BSD City, Tanggerang. Pada ajang ini, GIIAS konsisten untuk menunjukkan inovasi teknologi terbaru dari dunia otomotif Indonesia.

“GAIKINDO tetap akan konsisten menjadikan GIIAS ajang yang menampilkan teknologi otomotif terkini dari industri otomotif Indonesia,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

Pada GIIAS 2021, dikabarkan sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) akan meluncurkan model barunya, mulai dari SUV hingga MPV.

Khusus MPV, segmen ini diduga kuat akan terjadi persaingan sengit. Pasalnya belum lama ini kerap bermunculan bocoran wujud MPV-MPV baru. Beberapa bocoran tersebut sudah minim kamuflase, dan besar kemungkinan diluncurkan pada saat GIIAS 2021 nanti.

Berikut prediksi MPV baru yang akan diperkenalkan pada GIIAS 2021. 

1. Toyota Avanza

Salah satu peluncuran yang ditungu-tunggu adalah All New Toyota Avanza. Tampang baru “mobil sejuta umat” ini sempat bocor di media sosial, mulai dari Instagram hingga Facebook.

Kumpulan foto yang tersebar menunjukkan tampilan Toyota Avanza terbaru minim kamuflase.  Mobil ini digadang-gadang luncur dalam waktu dekat. GIIAS 2021 dianggap momen yang tepat untuk memperkenalkan Avanza generasi baru.

2. Mitsubishi Xpander facelift

Sama seperti Avanza di atas, wujud Mitsubishi Xpander facelift sempat tertangkap kamera minim kamuflase. Meski kumpulan bocoran foto yang tersebar tergolong kurang jelas, mobil itu diketahui sedang dalam proses “syuting” di area publik sekitar Jakarta.

Selain itu wujud  Xpander di akun Twitter resmi @Mitsubishi_ID secara tidak langsung mengkonfirmasi keberadaan Xpander facelift serta menganggapi hype dari Avanza terbaru melalui postingan teaser tampilan belakang Xpander teranyar, Sabtu (16/10/2021).

Sebagai salah satu pesaing terkuat Toyota Avanza, boleh jadi Xpander facelift ini akan diluncurkan pada pameran GIIAS 2021.

3. Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer digadang-gadang sebagai pesaing Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Namun hingga saat ini keberadaan Stargazer cukup menjadi misteri. Mobil ini terakhir terekam sedang berada di jalan tol pada video di Facebook melalui akun @Cahyana Dharmawan, Minggu (3/10/2021).

Pada video tersebut, mobil yang diduga kuat sebagai Hyundai Stargazer itu menggunakan warna kamuflase serta ditutup kain. Terkait video tersebut, Head of Public Relations PT Hyundai Motors Indonesia, Uria Simanjuntak tidak menutup kemungkinan untuk ikut mengisi segmen LMPV yang tergolong gemuk.

“Yang dapat kami sampaikan saat ini adalah bahwa Hyundai sangat terbuka dengan semua kemungkinan dan selalu berkomitmen untuk menghadirkan produk dan layanan inovatif yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” ungkapnya kepada Otosia.com.

4. Daihatsu Xenia

Terakhir adalah Daihatsu Xenia. Mobil ini lebih misterius dibandingkan Hyundai Stargazer karena, tidak seperti kembarannya, wujud barunya hingga saat ini belum diketahui.

Namun, lantaran Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) pada mobil ini terkuak pada daftar yang sama dengan All New Avanza, boleh jadi Daihatsu Xenia terbaru nanti akan mengusung tampilan yang tidak jauh berbeda dengan kembarannya.

Selain itu, Toyota dan Daihatsu kerap meluncurkan dalam waktu yang berdekatan, bahkan di tanggal yang sama. Sebagai contoh, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia generasi kedua sama-sama diluncurkan pada tanggal 9 November 2011. Ada juga peluncuran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang diadakan pada tanggal 30 April 2021 silam.

Jadi menarik untuk ditungu.

 

Komentar