oleh

Menguat Kepedulian Adelina Sau, Korban Human Trafficking

JAKARTA, MEDIATIMOR.COM – Kepedulian kepada Adelina Sau, salah satu korban Human Trafficking kembali menjadi buah bibir tak sedap di kalangan pemerhati tenaga kerja di Jakarta. Salah satu responnya dengan terbentuknya Koalisi Masyarakat Pembela Adelina Sau Korban Human Trafficking.

Tokoh sekaligus pemerhati Human Trafficking asal Flores Nusa Tenggara Timur, Gabriel Goa kepada mediatimor.com, jumat (22/10) mengatakan, informasi resmi pada kamis, 21 Oktober 2021 telah terbentuk KOMPAS KORHATI atau Koalisi Masyarakat Pembela Adelina Sau Korban Human Trafficking).

“Agendanya, pertama, Aksi Sejuta Lilin sekalian nyekar ke makamnya Adelina Sau di TTS mohon restu gerakan Advokasi dan Lobi. Kedua, Aksi di Kedubes Malaysia Jakarta, Lobi bersama Kemenlu RI dan Perwakilan RI di Malaysia dengan Suhakham, PM Malaysia dan Polisi Diraja Malaysia untuk penegakan hukum Human Trafficking di Malaysia sekaligus menangkap dan memproses Cukong-cukong HT di Malaysia”, demikian kata Gabriel Goa.

Point Ketiga, menurutnya, ada aksi dan Lobi ke Menaker, BP2MI, Kemenlu RI dan Presiden Jokowi untuk menekan Malaysia segera menandatangani MOU Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran indonesia antara Malaysia dengan Imdonesia paling lambat akhir Desember 2021untuk mencegah Migrasi Ilegal yang rentan Human Trafficking seperti yang dialami Adelina Sau dkk di Malaysia pulang dalam peti ke NTT.

“Kami mengajak partisipasi dan solidaritas bersama baik lembaga maupun personal untuk membela Adelina Sau dan Pekerja Migran Indonesia yang selalu disanjung Negara Pahlawan Devisa Negara”, jelas Gabriel Goa, Koordinator KOMPAS KORHATI.

Komentar