oleh

Pemerintah Pusat Janjikan Listrik di Pegunungan Bintang, Tetapi Jangan Hanya Janji

JAKARTA, MEDIATIMOR.COM – Problem besar di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua tentang terbatasnya akses jalan, listrik dan ekonomi yang belum merata, mestinya apa yang dibicarakan pemeritah pusat harus bisa dilakukan. Salah satunya janji listrik oleh Pemerintah Pusat khususnya PLN belum terjawab. Semoga dalam tahun ini, janji ini bisa ditepati.

Seperti diberitakan media ini sebelumnya, problem listrik di Kabupaten Pegunungan Bintang ini sudah menjadi focus utama Bupati Spei Yan Bidana dan Wakil Bupati Piter Kalakmabin dalam mempercepat  program listrik tesebut. Meskipun upaya ini harus menunggu waktu, pihak PLN juga diminta serius agar rakyat bisa bersabar menanti dalam sebuah kepastian yang jelas.

Diketahui, langkah pemda Kabupaten Pegunungan Bintang untuk mempercepat program kelistrikan bagi masyarakat ini diketahui telah direspon secara baik oleh pihak PLN Pusat saat dilakukan pertemuan bersama PLN Pusat wilayah Sulawasi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara pada 12 oktober 2021.

Penyerahan Dokumen oleh Bupati Spei Yan Bidana terkait sejumlah persoalan daerah di Kabupaten Pegunungan Bintang.

Direktur Bisnis Regional PLN, Wilayah Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara, Samsul Huda, mengatakan, langkah percepat program listrik ini bisa dilaksanakan pada akhir tahun 2021 ini.

Sementara itu, informasi yang diperoleh dari kepala Bapeda Pegunungan Bintang, Harry Widjasena, mengatakan, tiga sumber pembangkit listrik di Oksibil akan digabungkan menjadi satu pembangkit saja, dan akan beroperasi pada desember nanti.

“Ini langsung dikelola oleh PLN sehingga pemda wajib memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk membayar listrik kepada PLN seperti daerah lain dan juga pemda akan mensubsidi pembayaran bagi warga kurang mampu”, ungkapnya.

Pada sisi lain, pemerintah pusat harus melihat wilayah ini sebagai daerah yang berada di garis depan NKRI yang berbatasan dengan negara luar Papua Nugini seperti program Nawacita Jokowi. Sehingga jalan, jembatan, listrik bisa dinikmati masyarakat pegunungan Papua merata sama seperti daerah lain di Indonesia.

 

Komentar