DPRD Jabar Sebut Pemda Perlu Contohi Bali

Bandung – Bali termasuk salah satu tujuan wisata dunia yang tak lagi diragukan pesona alamnya. Hal ini membuat turis dari penjuru dunia tak ada hentinya mendatangi pulau Dewata ini.

Dalam rangka menggali informasi seputar pariwisata Bali yang mampu bangkit meski dihantam pandemi global, Covid 19, DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan resmi untuk kesekian kalinya.

Komisi II DPRD Jawa Barat Lina Ruslinawati dalam kunjungannya kali ini menuturkan banyak hal yang bisa dipelajari terkait pengembangan potensi wisata Bali yang notabene menjadi sumber utama PAD (Pendapatan Asli Daerah) provinsi itu.

Meski sempat terpukul akibat pandemi global, Bali ujar Lina berhasil bangkit melewati masa masa krisis tersebut.

“Bali benar-benar terpukul, jalanan sepi, banyak pekerja wisata yang tidak mendapatkan penghasilan,” kata Lina, Kamis (17/12/2020).

Lina mengaku, pemerintah Bali dengan gerak cepat memanfaatkan seluruh potensi daerah yang dimilikinya untuk berusaha bangkit.

“Pelajaran penting dari Bali selama pandemi adalah kita harus memperbanyak sektor penyumbang PAD, karena saat satu terpukul bisa dibackup oleh sektor yang lain,” ungkap Lina.

Belajar dari pengalaman Bali, Lina mengatakan pemerintah Jawa Barat harus meniru apa yang telah dilakukan pemerintah Bali, yakni harus lebih banyak mengembangkan potensi daerah untuk menjaga stabilitas ekonomi dari gangguan seperti pandemi covid-19.

“Jabar memiliki banyak sektor PAD, pertanian saat ini masih menjadi panglima disaat pandemi, disaar industri padat karya dan pariwisata juga terpukul. Ini pembelajaran penting,” pungkas politisi Gerindra itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *