Koalisi Mahasiswa Papua Desak Lanjutkan Otsus Papua

Jakarta, Media Timor – Aksi mahasiswa Papua yang tergabung dalam Koalisi Mahasiswa Papua Bersatu di depan Kementrian Dalam Negeri menuntut kepada pemerintah pusat untuk melanjutkan Otsus Papua Jilid II dilanjutkan.

Menurut Bilken Puarada selaku kordinator aksi pada kamis, (19/11), pemerintah pusat harus tegas memberikan sangsi hukum kepada siapapun yang menyalahgunakan anggaran Otsus Papua.

“Otsus harus diawasi oleh pemerintah pusat, sehingga Anggaran Otsus bisa turun sampai ke masyarakat’, kata Bilken dalam orasinya di depan kemendagri.

Hal senada juga disampaikan oleh Rajid Patiran, ia menduga MRP seolah mengajukan masyarakat menolak Otsus Papua Jilid II, padahal Papua sangat membutuhkan pembangunan, pendidikan dan kesehatan, ungkap Rajid dengan nada kesal.

Aksi Koalisi Mahasiswa Papua Bersatu diikuti sekitar 70 Mahasiswa pada pukul 14.00 WIB, masa terlihat berjalan kaki dari depan gedung Pertamina menuju kantor Kemendagri. Aksi berjalan sekita 40 menit langsung diterima oleh Nurdin ST. Plt. Subdit Otsus Papua dan Papua Barat Kemendagri di lantai 15.

Dalam pertemuan tersebut Nurdin didampingi Ottow Awarawi Staf kasubdit mengapresiasi kedatangan Mahasiswa Papua untuk memberikan masukan terhadap pemerintah pusat dalam hal ini kementerian Dalam Negeri, aspirasi mahasiswa Papua akan kami jadikan sebagai pertimbangan dalam merumuskan Otsus Papua Jilid II. Semua punya tujuan yang sama, yakni memberikan suatu kepastian dalam implementasi Otsus Papua Jilid II benar-benar langsung menyentuh ke masyarakat.

Dalam pertemuan ini, Ottow Awarawi selain staf kasubdit Papua dan Papua Barat kemendagri juga adalah putra Papua mengak kepada mahasiswa agar memanfaatkan kesempatan kuliah dengan baik ketika mendapat Biayasiswa Pendidikan dari anggaran Otsus Papua. Saya ajak kalian mari kita sekolah dengan baik agar kelak kembali bisa membangun Papua.

Editor/Penulis: Fren Lutrun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *