oleh

Pengakuan Terhadap Masyarakat Adat Bagian Dari Menjaga Keutuhan NKRI

SORONG, MEDIATIMOR.COM – Anggota DPD RI asal Provinsi Papua Barat, Mamberob Y. Rumakiek meminta kepada pemerintah untuk menghargai hak-hak masyarakat adat dan pentingnya pengakuan terhadap hukum adat pada suatu wilayah. Hal itu menurutnya bagian dari upaya untuk menjaga keutuhan NKRI.

Mamberob Rumakiek dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kampung Mibi, sabtu, (14/11), di Distrik Makbon – Kab. Sorong itu dihadiri peserta sekitar 150 orang lebih diantaranya pemuda Moi se-Malaumkarta Raya dan Masyarakat Adat Moi  Distrik se-Makbon.

Pada kesempatan itu ia menjelaskan beberapa point penting soal Pemahaman 4 Pilar Kebangsaan, Hak-hak masyarakat Adat dan pengakuan Masyarakat Hukum Adat oleh negara dan pentingnya menjaga kepemilikan Hutan Adat.

“Empat Pilar Kebangsaan terkait dengan tatanan hidup berbangsa dan bernegara dalam NKRI. Bagaimana praktek kehidupan bernegara dalam penerapan nilai-nilai Pancasila. Menjaga dan menjunjung tinggi asas berbangsa, saling menghormati dan menghargai sesama anak bangsa dari berbagai latar belakang suku, bahasa dan agama”, ungkapnya.

Sementara itu, hak masyarakat adat dan masyarakat hukum adat terkait pengakuan negara atas kehidupan dan keberadaan komunikasi masyarakat adat di suatu wilayah yang hidup dan berkembang dalam tatanan adat istiadat harus mendapatkan pengakuan negara.

“Status kepemilikan tanah masyarakat adat harus diakui oleh negara dan tidak dikuasai sewenang-wenang”, tegas Mambe demikian ia disapa.

Soal hutan adat terkait dengan kepemilikan bersama dari suatu komunitas suku adat Moi diwilayah adatnya. Hutan yang semakin terancam oleh berbagai aktivitas ekonomi dan pembangunan yang mengancam kehidupan orang Moi. Penguasaan lahan/hutan di atas wilayah adat Suku Moi menjadikan masyarakat Moi kehilangan hak atas tanah dan berujung pada punahnya marga satwa yang hidup.

Potensi hutan kata Mamberob, seperti kayu dan berbagai jenis tumbuhan serta flora dan fauna yang memiliki kekhasan dan dilindungi akhirnya menjadi terancam.

“Kita berharap pelestarian Sumber Daya Alam untuk masa depan anak cucu dan keberlanjutan kehidupan generasi suku Moi harus lebih baik lagi” (Fren Lutrun)

Komentar