Ciptakan Efektifitas Pembelajaran, FKIP UKAW Lakukan Pelatihan Guru di Pedesaan  

Citra Universitas Kristen Artha Wacana Kupang sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di NTT terus melakukan banyak terobosan demi peningkatan mutu pendidikan. Salah satu cara yang dilakukan dengan melakukan pendampingan kepada guru-guru di pedesaan.

OEMAMAN, MEDIATIMOR.COM – Universitas Kristen Artha Wacana kupang, khususnya pada Jurusan Bahasa Inggris dinilai sangat efektif dalam melakukan pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru di pedesaan.

“Secara keseluruhan kami sangat terbantu dengan adanya pendampingan dari pihak universitas khususnya program studi Bahasa Inggris, karena secara jujur kami sangat haus penguatan” demikian hal itu disampaikan Kepala sekolah SMPN Oemaman, Piter Berry, S.Pd pada jumad, (23/10).

Ket foto: dari kiri Kadis P dan K kab. TTS. Edison Sipa, mahasiwa prodi Pendidikan Bahasa Inggris UKAW, Anggota DPRD TTS, David I. Boimau, dan paling kanan, Nani N. Benu, dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris UKAW kupang sekaligus ketua panitua kegiatan PKM. (foto-ist)

Ia mengungkapkan kalau kegiatan-kegiatan seperti ini sangat berguna sebagai bentuk dukungan untuk para guru.

Kegiatan yang berlangsung tanggal 22-23 oktober itu dilakukan di SMP Negeri Oemaman, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan ditunjuk sebagai tuan tumah dalam kegiatan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Teknologi Pembelajaran bagi gruru-guru. Kegiatan ini juga diikuti oleh sekolah-sekolah terdekat di wilayah kecamatan Kualin dan Kecamatan Kuanfatu dari tingkat SD, SMP, SMPTK, SMA, SMATK dengan narasumber para dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UKAW Kupang.

Turut serta dalam rombongan tim ini juga empat orang mahasiswa untuk mengajar bahasa Inggris yang menyenangkan (fun English) bagi anak-anak di sekolah tersebut.

Kepala sekolah yang baru bertugas merintis sekolah ini mengisahkan, bahwa dalam pelatihan tersebut para narasumber dari UKAW melakukan pendampingan serta langsung praktek pembuatan media pembelajaran menggunakan teknologi. Dia juga mengapresiasi mahasiswa yang turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

“Sangat lebih khusus adanya pendampingan kepada peserta didik dari adik-adik mahasiswa semester akhir maupun dosen yang terjun langsung dalam memberikan pembelajaran secara langsung walaupun kita berada dalam masa pandemi covid-19 tetapi kita tidak terbuai dan terlena dengan keadaan sehingga kegiatan pendampingan kepada masyarakat yangg di lakukan oleh Kampus UKAW Kupang prodi Pendidikan Bahasa Inggris sangat membantu serta mencerahkan kembali panggilan kami sebagai guru di daerah pinggiran karena kegiatan ini merupakan sebuah pendampingan yang pertama kali dilakukan oleh pihak universitas di desa dan di sekolah kami”.

Pada bagian akhir Bob yang juga alumni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UKAW ini menyampaikan terima kasih kepada tim yang telah meluangkan waktu untuk kegiatan tersebut dan juga UKAW  atas segala dukungan yang diberikan.

“Terima kasih kami yang tulus kepada pihak universitas serta prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan kami sangat berharap semoga kegiatan seperti ini tidak berakhir sampai disini saja tetapi akan menjadi sebuah agenda rutin agar jalinan hubungan kita tidak terputus tetapi semakin erat”.

Penulis: nb

Editor: Freni Lutrun

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *