Kawasan Wini dan Sebagian Wilayah TTU Harus Jadi Pusat Ekonomi Khusus

JAKARTA, MEDIATIMOR.COM – Direktur Institute for Research,Consultation and Information of International Investment (IRCI), Gabriel de Sola meminta kepada calon kepala daerah khususnya di Kabupaten Timor Tengah Utara untuk memprioritaskan wilayah Wini sebagai kawasan ekonomi khusus.

“Kawasan Wini wilayah pantura TTU berbatasan langsung dengan Timor Leste wajib dijadikan Program Prioritas Cakada TTU 2020 untuk diusulkan ke Pusat dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus”, demikian ungkap Gabriel de Sola di Jakarta, pada selasa, (29/09).

Ia menjelaskan, sesuai hasil survey IRCI, ada banyak hal yang menjadi perhatian tidak saja calon kepala daerah, tetapi juga pemerintah provinsi dan Pusat.

“Pertama, kawasan Wini bisa dipersiapkan menjadi Pelabuhan Samudera di utara pulau Timor berbatasan langsung dengan Timor Leste karena di Oecusi sudah ada Bandara Internasional yang dikelola oleh Badan Otorita Khusus kerjasama dengan Portugal”, jelasnya.

Point Kedua, “kawasan Wini bisa dikembangkan Destinasi Pariwisata Terintegrasi dengan investasi pertanian, peternakan, perikanan dan Garam.

Ketiga, kawasan Wini bisa dijadikan Kawasan Olahraga bertaraf nasional dan internasional seperti Pacuan Kuda, Paralayang,Tinju, sepakbola, volley pantai dan atletik.

Hasil survey IRCI ini, lanjut Gabriel de Sola, sudah disampaikan kepada Bupati TTU Ray Sau Fernandez dan mendapat dukungan agar Wini bisa dijadikan Pusat sebagai Kawasan Ekonomi Khusus di pantura TTU berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Ia menambahkan, hal ini juga sejalan dengan masuknya NTT menjadi Daerah Destinasi wisata nomor satu di dunia dan sesuai program unggulan VicJos Pariwisata sebagai primemover pembangunan NTT.

“TTU sudah waktunya bangkit dan bersama wujudnyatakan Wini menjadi Kawasan Ekonomi Khusus,”tegas de Sola Direktur IRCI. (fren)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: