Gubernur Laiskodat Diminta Ikuti Surat Kemendagri

JAKARTA, MEDIATIMOR.COM – Direktur Fasilitasi Kelembagaan Dan Kepegawaian Perangkat Daerah, Kementerian Dalam Negeri Drs. Makmur Marbun, Msi angkat bicara soal pergantian Sekwan DPRD Sabu Raijua yang hingga kini masih dipermasalahkan.

“Pada prinsipnya, sudah jelas arahan Kemendagri kepada Gubernur NTT salaku wakil pemerintah pusat, kami minta Gubernur untuk melakukan langkah langkah sesuai Surat Kemendagri”, ungkap Makmur singkat saat diwawancarai mediatimor.com melalui percakapan WhatsAp pada senin, (20/04).

Sebelumnya, dalam pemberitaan media ini, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia Gabriel Goa mengkritik Bupati Sabu Raijua, Nikodemus N. Rihi Heke terkait pelantikan Sekretaris Dewan di daerah itu yang dinilainya mengabaikan rekomendasi DPRD dan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri.

“Bupati Sabu Raijua sudah  melantik  Sekwan Sarai Salmon D. Pelokila bukan melantik Piter  Mara Rohi yang direkomendasikan DPRD Sarai. Fakta ini menunjukkan Bupati Sarai mengabaikan rekomendasi DPRD Sarai. Selain itu  ada surat  dari Dirjen  Otonomi Daerah Kementerian  Dalam Negeri agar Bupati  melantik Sekwan sebagaimana yang direkomendasikan  DPRD  Sarai namun Bupati Sarai  tidak peduli”, demikian kata Gabriel Goa di Jakarta, pada rabu (08/04).

Gabriel saat itu juga menjelaskan, dengan kondisi tersebut memperlihatkan  arogansi kekuasaan dan bisa menimbulkan konflik kepentingan yang  berdampak pada pelayanan publik rakyat Sarai.

“Kami dari Lembaga  Hukum dan Ham PADMA INDONESIA (Pelayanan  Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian  Indonesia), pertama mendesak Bupati Sarai untuk  menghormati rekomendasi DPRD Sarai dan Mendagri up  Dirjen  Otonomi  Daerah  agar melantik Sekwan yang direkomendasikan DPRD atas nama  Piter Mara Rohi! Kedua, mendesak  Mendagri dan Gubernur NTT untuk mengingatkan Bupati Sarai agar jangan menyalahgunakan  kekuasaan! Ketiga, mendesak Ombudsman RI dan KPK RI untuk mengawasi khusus Bupati Sarai”, ungkap Gabriel Goa. (Fren Lutrun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *