oleh

Manfaatkan Hutan Desa, KKN 36 UMM Terapkan Agroforestr

MEDIATIMOR, Jakarta – Empat hektare Hutan Desa Campurdarat, Tulungagung terapkan Agroforestri. 1000 tanaman ditanam untuk ciptakan lahan hutan produktif pada, (9-10/2/20). Atas inisiasi Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 36 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kegiatan penanaman pohon ini diikuti Perangkat Desa, Babinsa, Babinkantibnas, serta pihak Kecamatan Campur Darat.

Laila Nur Akhroma, penanggung jawab kegiatan menuturkan bahwa konsep agroforestri adalah konsep pertanian terpadu dengan perinsip efisiensi lahan demi meningkatkan produksi dengan tanpa meninggalkan kaidah pemberdayaan lingkungan.

“Kami sudah sediakan tanaman sengon dan mangga. Teknisnya, diantara manga dan sengon ini, pihak desa masih boleh menanam tanaman tidak juga lebih besar dari tanaman dua ini (senggon dan mangga),” ungkap Mahasiswi Agroteknologi itu.

Kepala Desa Campurdarat, Dian wahyu Saptoto menjelaskan bahwa agroforestri ini sebelumnya pernah diutarakan pada mahasiswa KKN.
“Bersyukur dengan adanya program ini. Kami butuh apa yang dipetik dari apa yang di tanam. Alhamdlillah Kawan-kaan KKN ini membantu kami merealisasikannya,” jelas Dian.

Agroforestri ini oleh koordinator KKN, Adilla Rizky Dhewanata menawarkan prospek jangka pendek dan jangka panjang.
“Nanti sengon itu pak kalau besar, selain mangga tadi ya, itu orang banyak cari jadi bahan baku bangunan loh. Yang kami tawarkan pun Mangga Pisang, mangga Varietas baru itu, prospek ekonominya tiinggi” pungkas Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu.

Komentar