oleh

DPD RI Terbuka Jika Ada TIM Independen Dari Papua

JAKARTA – Ketua Pansus Papua, DPD RI, Dr. Filep Wamafma menanggapi secara positif adanya tim independen Papua yang dikabarkan akan bertemu DPD RI guna membahas bersama langkah-langkah strategis dalam menyelesaikan persoalan Papua.

“Kami pada prinsipnya terbuka dengan siapa saja yang ingin menjalin komunikasi dalam menyelesaikan persoalan Papua. Silahkan jika ada Tim itu surati dan kita bertatap muka untuk menerima masukan atau bersama-sama mencari solusi untuk Papua”, begitu kata Filep kepada mediatimor.com di gedung DPD RI rabu, (06/11).

Seperti diketahui, Laus Deo Calvin Rumayom S.Sos. M.Si, Dosen Hubungan Internasional yang juga Sekretaris Jurusan Ilmu Pilitik, FISIP Universitas Cenderawasih, Jayapura-Papua memberi apresiasi dibentuknya Pansus Papua oleh DPD RI serta adanya wacana tentang tim Independen untuk Papua yang diharapkan DPD RI bisa berkolaborasi untuk tujuan tersebut.

“Apresiasi atas pembentukan Pansus Papua di DPD RI merupakan terobosan politik dalam Memperkuat Fungsi Peran DPR/DPD RI dalam Pengawasan Kebijakan Pembangunan di Tanah Papua dalam kerangka UU No. 21 Tentang Otonomi Khusus Papua. Urgensi Pembentukan Team Independen ialah ikut memediasi proses pembangunan yang selama ini belum tercapai secara maksimal dalam bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi Kerakyatan serta 4 persoalan mendasar Papua yang telah dipetakan oleh LIPI, dan belum secara maksinal diimplemenrasikan di level kebijakan Nasional dan Papua”, kata, Laus kepada mediatimor.com.

Ia juga mengapresiasi Tim Independen Papua yang saat ini dilakukan oleh salah satu tokoh Papua Barat Willy Hegemur.

“Saya kira pikiran kritis Pak Willy Hegemur yang nantinya berkolaborasi dengan tokoh-tokoh adat Papua dan DPD RI ini akan semakin mengerucut pada langkah yang tepat untuk pemerintah kedepannya”. (fren)

Komentar