oleh

PPK Rumah Swadaya Wilayah 4 Pembekalan Tenaga Teknis, Sukseskan Program BSP

Tual, MEDIATIMOR.com-Panitia Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Swadaya Wilayah Empat (4), memberikan pembekalan terkait dengan BSPS,selama dua hari kepada team teknis, tenaga fasilitator lapangan dan kordinator fasilitator Kota Tual Tahun 2019

Kegiatan tersebut digelar diBall Room Kimsom Senter Kamis17/10 yang dibuka oleh Sekertris Dinas Perumahan dan Kawasan permukiman Kota Tual,Abdulah Tuhulele, dalam acara pembekalan tersebut juga dihadiri oleh,Team Teknis, Koorainator Fasilitator Kita Tual.

Dalam Sambutannya, Tuhulele mengatakan Kegiatan ini merupakan Progaram bagi kita semua. Dimana, teman-teman fasilitator sangat berperan penting untuk mengawal kegiatan ini.

”Pemerintah pusat menilai bahwa kita masih dipercaya lagi untuk mendapat bantuan ini,” ujar

Di tempat yang sama, Andi Sulham yang juga merupakan PPK Rumah Swadaya Wilayah Empat( RSW 4), Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, mengatakan, dengan adanya Bantuan Stimulan Penerima Swadaya ( BSPS ) atau bantuan rumah terjangkau ini, bisa lebih meringankan masyarakat yang membutuhkan bantuan dalam hal hunian.

“Program atau Kegiatan ini kiranya manfaatnya,bisa dirasakan oleh Masyarakat, Insya allah nanti teman-teman fasilitator sebentar di lapangan dapat bekerja dengan baik,dan team kita bisa mengemban amanah ini,” tuturnya.

Sulham juga menghimbau, agar para Koordinator Fasilitator dan tenaga Fasilitator Lapangan bisa bekerja bersama sama sehinga Program ini benar benar dapat dirasakan oleh Masyarakat Kota Tual.

”Sekarang ini program pemberdayaan masyarakat sangat rentan dengan temuan persoalan, sehingga untuk itu perlu kita kawal agar programnya bisa berjalan dengan baik,” imbaunya.

Selain Andi Sulham, Iwan Suharmawan selaku TA Kontrusksi Konsultan Manajemen Wilayah Empat, juga menyampaikan materi pembekalan bagi Koordinator Fasilitator (Korfas) dan Tenaga Fasilitator Lapangan ( TFL ).

Bantuan Stimulan Penerima Bantuan (BSPS) Tahun 2019, tentang Konstruksi bangunan yang baik dan sehat.

Suharmawan juga menjelaskan, tentang persyaratan yang harus dilengkapi oleh Calon Penerima Bantuan (CPB) berupa KTP, Kartu Keluarga, Surat Keterangan kepemilikan lahan, belum pernah mendapatkan bantuan Perumahan baik dari Pemerintah maupun Desa.

Dilanjutkannya, bantuan ini merupakan Swadaya Masyarakat yang diberikan kepada mereka yang berpenghasilan Rendah atau Upah Minimum Propinsi, kalau katagori miskin,akan mendapatkan bantuan dari Dinas Sisoal bukan dari BSPS.

Dia juga mengatakan, Program BSPS ini dipusatkan di seluruh Desa di Kota Tual dan di dampingi 1 tenaga Fasilitator dan tugas Fasilitator adalah bersama sama dengan CLB menyusun dan membuat Proposal dan RAB guna percepatan proses pekerjaan yang hanya tinggal dua bulan efektif.

“Untuk mendapakan hasil baik, perlu adanya kerja sama yang baik dengan Kelomlpok CPB, sehingga jika ada persoalan dapat diatasi dengan cepat,” tutupnya.

Komentar