oleh

Di Rumah Sakit, Nenek 80an Tahun Butuh Sentuhan Pemerintah

Tual, mediatimor.com- Maria Sonya Werbitu 16 Tahun, Warga Kampung Pisang Yearler Kelurahan Lodar El Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual, rabu 16/10 harus dilarikan ke rumah sakit umum Karel Satsuitubun Langgur, akibat sakit yang dideritanya sejak kecil.

Maria merupakan anak yatim piatu, sejak kedua orang tuanya meninggal, maria dan adiknya kini dirawat oleh Nenek mereka yang berusia 80 Tahun,

Nenek Berlinda Mehen 80 Tahun, kepada Media ini menjelaskan, dulu dirinya yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan kedua cucunya, namun karena usianya yang telah senja,maka sekarang yang bekerja adalah Maria.

“Maria sudah tidak sekolah,karena Sakit, dan hanya Marlon yang bersekolah sekarang kelas 1 SMP, ” jelasnya

Selain itu, nenek Berlinda juga menceritakan, sebelumnya pernah tinggal bersama anaknya yang merupakan orang tua Maria dan Marlon namun, kedua orang tuanya meninggal, sehingga Maria harus menggantikan posisi ibunya untuk mengurus sang Nenek dan adiknys, cerita Nenek yang berling air mata.

lanjut Nenek Berlinda, Marlon belum bisa bekerja, sehingga Marialah yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan makan dan hidup mereka. Dengan jalan berjualan bungan dan air miniral di tempat Pemakaman Umum lama yang berlokasi di Petak 20 Kota Tual. Itupun kalau ada orang yang berziarah dimakam, jika tidak maka Nenek Berlinda bersama kedua cucunya hanya bisa mengandalkan bantuan dari orang lain.

” Marlon belum bisa bantu sia pung kakak, jadi hanya Maria yang kerja jual bunga dengan air aqua dikubur kubur itu, kalau seng ada orang yang beli,, Nenek tunggu orang bantu saja ” kata Nenek Berlinda.

Nenek Berlinda juga meceritakan betapa beruntungnya karena banyak tetangga dan kerabatnya yang masih peduli dengan keadaan mereka,kadang memberinya makan dan terkadang dalam bentuk uang. Dengan begitu, dia bersama kedua Cucunya tidak pernah sampai merasa kelaparan karena tak makan.

Menyoal tentang bantuan Pemerintah Nenek Berlinda mengatakan, Pemerintah Kota Tual telah memberikan bantuan bahan bangunan, untuk merehab rumahnya yang sudah tua,Daun zenk yang berlubang,dan lantai rumah yang masih tanah.

” sudah dapat bantuan, semen, zenk, besi, untuk kerja rumah tua ini,” katanya

Nenek Berlinda juga menunjukan Kamar yang biasa di gunakan oleh Maria, hanya ada balai bambu, tanpa tikar atau spons yang di gunakannya sebagai alas untuk berisitrahat. hak inilah yang mebyebakan Maria sering kesakitan, karena jarak balai bambu dengan lantai sangat dekat.

Kini tulang punggung Nenek Berlinda Dan Marlon harus terbaring di Rumah Sakit Umum Karel Satsuitubun Langgur. Maria, yang berusia 16 Tahun ini terlihat sepeti anak berusia 8 Tahun, Lantaran tinggi dan berat badannya tidak sesuai dengan usia.

Ditempat yang sama Koirdinator Komunitas 3S, Sedakah, Seribu, Sehari, Risna Mengatakan mereka bergerek mengumpulkan dana untuk membantu Maria, setelah sempat viral di media sosial, tentang sakit yang di alaminya, dan kegisatan ini akan terus mereka lakukan untuk membantu Maria Maria lain yang mengalami hal yang sama dengan Maria Werbitu ini.katanya.

Selain itu, lanjutnya, ini merupakan kepedulian kita kepada sesama, jangan melihat asal usul, suku, Agama, dan dari Daerah mana, karena membantu sesama merupakan sebuah keharusan, Tutupnya. (MT_020)

Komentar