oleh

Butuh Sinergitas Elemen Rakyat Bangun Kota Tual

Tual, Media Timor- Menjawab 4 buah Ranperda inisiatif DPRD Kota Tual, Walikota Tual Adam Rahayaan S.Ag.M.Si, mengatakan, rancangan Peraturan Daerah ( Ranperda ), tentang pemilihan Kepala Ohoi ( Desa ) atau Finua, dan Rat Ohoi ( Raja Desa ) untuk menjadi Payung Hukum, dalam implementasinya Persoalan yang sangat Prinsipil, dan alot pada aspek matril serta area diskusi katanya.

Dijelaskan, area tukar pikiran ini akan menyita waktu dan menjadi perhatian publik, sehingga dituntun adanya keseriusan serta sinergitas antara DPRD dan Pemerinta Kota Tual.

Selain itu, dibutuhkan dukungan, serta kerja sama, dengan semua elemen Masyarakat, baik itu Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Perempuan, untuk mampu menjawab kebutuhan Hukum dan menata Masyarakat, teristimewa Masyarakat Hukum Adat diWilayah Pemerintahan Kota Tual, sebutnya.

Dikatanya, pentingnya pendekatan melalui aspek sosiologi dan Yuridis, untuk pengusulan sebuah draf perencanaan Perundang undangan.jelasnya

Walikota juga sangat Optimis,dan gembira, atas pengusulan ranperda pemilihan kepala Ohoi, Ohoi dan BSO. karena menurutnya, eksistensi Badan Seniri Ohoi (BSO) Memiliki peran yang sangat strategis, dalam menjamin, pelaksanaan pemelihan kepala Desa ( Pildes ) sebab Badan Seniri atau juga disebut Badan Permusyawaratan Desa bertugas untuk menetapkan team pelaksanaan agenda pemilihan,ujarnya.

Selain itu, Walikota juga Menegaskan rancangan ke 4 ranperda ini harus dipercepat, karena ini merupakan bentuk kepedulian kepada Masyarakat Hukum Adat secara konstitusional yang di akui oleh Negara,yaitu didalam UUD 1945, katanya.

Bukan hanya itu, untuk menyelesaikan 4 ranperda ini dibutukan waktu yang panjang, mulai dari pentahapan hingga dituangkan didalam lembaran Daerah,sehingga ranperda ini harus diprioritaskan karena bersifat Urgensi.

Walikota juga berpesan, berbagai masalah dan fenomena, serta pikiran subjektif masyarakat akan bermunculan, sehingga yang dikuatirkan adalah terjadi dinamika,yang berpotensi menghambat penetapan 4 buah Ranperda tersebut.

Untuk itu, Pemerintah Kota Tual sangat membutuhkan, dukungan dan bimbingan serta pemahaman yang mendalam guna menjawab 4 ranperda sebagai instrumen penting penyelengaraan Pemerintah Daerah ini kedepan. ( MT 020 ).

Komentar